Minggu, 29 April 2012

PERVASIVE COMPUTING


PERVASIVE COMPUTING
Di era millennium baru ini, dibutuhkan suatu teknologi yang dapat memberikan user kemudahan dalam mengakses informasi kapanpun dan dimanapun mereka berada. User tidak perlu harus duduk di depan dekstopnya untuk dapat mengerjakan tugasnya. Daripada memaksa user untuk mencari dan menemukan antarmuka(interface) komputer, lebih baik menyediakan antar muka yang dapt di akses di manapun untuk melayani user. Mungkin sekarang saatnya untuk membebaskan user dari keterbatasan komputasi tradisional pada dekstop. Komputasi perlu menjadi mobile (mudah berpindah) seperti usernya.
 
Skenerio pervasive komputing muncul ketika komputer diselipkan ke dalam benda sehari-hari seperti kursi, pintu,  baju dan lain-lain. Menurut weiser[25], sistem komputer sebaiknya tidak terlihat (invisible) oleh user dan user tidak sadar bahwa ia sedang melakukan komputasi. User sebaiknya tidak di ganggu dengan berkonsntrasi pada interface komputer tertrntu saja. Mereka sebaiknya dapat berkomunikasi dengan cara yang lebih intuitif, sedemikian sehingga memungkinkan mereka mencapai tujuannya lebih mudah dan memebebaskan pikiran mereka dari berfikir lebih jauh lagi tentang masalah dan tugasnya sekarang (current task)

DEFINISI PERVASIVE COMPUTING
Komputasi Pervasif (juga disebut komputasi di mana-mana) adalah tren yang berkembang menuju embedding mikroprosesor dalam benda sehari-hari sehingga mereka dapat mengkomunikasikan informasi. Kata mana-mana meresap dan berarti "ada di mana-mana”.  Perangkat komputasi Pervasif benar-benar terhubung dan selalu tersedia.
Komputasi Pervasif bergantung pada konvergensi teknologi nirkabel, elektronik canggih dan internet. Produk ini terhubung ke Internet dan data yang mereka hasilkan adalah mudah tersedia.
Pervasive mempresentasikan konsep komputasi yang berada dimana-mana membuat komputasi dan komunikasi secara esensial transparan pada user.

SEJARAH DARI PERVASIVE COMPUTING
Komputasi mobile atau komputasi bergerak merupakan langkah revolusi besar dalam perkembangan teknologi di pertengahan tahun 1970-an. Gambar di bawah ini menggambarkan evolusi dari sudut pandang sistem-sentris. Kerangka konseptual dan algoritmik dasar sistem terdistribusi merupakan dasar yang kuat untuk komputasi mobile da pervasive computing.
Konsep Dasar Pervasive Computing
Ubiquitous Computing (=komputasi dimana-mana) diperkenalkan pertama kali oleh Mark Weiser pada tahun 1988 selagi menjabat sebagai Chief Technologist di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Mark menulis beberapa kajian awal mengenai subjek tersebut, terutama penjelasan inti konsepnya.
Ubiquitous Computing disebut sebagai gelombang ketiga dalam komputasi. Yang pertama adalah konsep mainframe, dimana sebuah mesin dipakai oleh banyak orang bersamaan (one computer, many people).Sekarang kita berada pada era personal computer (komputer pribadi) yaitu seseorang menggunakan masing-masing mesin yang dimilikinya (one person, one computer). Karena komputer menjadi semakin murah dan menjadi sangat lazim, selanjutnya akan datang masa Ubiquitous Computing dan menjadi era “one person, many computers”.
Mark Weiser menjelaskan Ubiquitous Computing merupakan sebuah model/konsep interaksi manusia-komputer yang paling canggih dan modern, dimana proses informasi keduanya diintegrasikan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, seseorang yang “menggunakan” Ubiquitous Computing melibatkan banyak sistem komputasi berikut device (peralatan/mesin)-nya, namun secara tidak sadar dia menggunakan peralatan tersebut dikarenakan sudah sangat membaur dengan lingkungannya. Model seperti ini adalah pengembangan dari paradigma desktop computing.
Inti dari model Ubiquitous Computing (yang juga sering disebut Pervasive Computing) melakukan pembagian resource (sumber daya) yang ringan, tidak mahal, dalam jaringan pemrosesan handal secara bersama-sama dan terdistribusi ke dalam semua aspek kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, sebuah lingkungan Ubiquitous Computing yang menghubungkan kontrol penerangan (lampu) dan pemanas ruangan dengan alat yang dipasang pada pakaian kita sehingga kondisi penerangan dan suhu ruangan dapat dimodulasi secara terus-menerus dan tak kentara.Sistem tersebut seharusnya “hilang” dari pandangan dan diluar alam sadar kita.Salah satu sistem Ubiquitous pertama adalah “Live Wire” milik Natalie Jeremijenko. Merupakan sebuah tali yag dipasangkan ke sebuah stepper motor dan dikendalikan melalui koneksi LAN yang menyebabkan tali tersentak/menegang sesuai kondisi dan traffic jaringan.
Ubiquitous Computing memberikan tantangan kepada cabang ilmu komputer : dalam pendesainan dan pemodelan sistem, dan dalam hal user interface. Model interaksi manusia-komputer yang sudah jadulseperti command-line (text-based), menu-driven, atau yang berbasis GUI tidak cocok dan tidak mencukupi untuk masalah Ubiquitous Computing. Interaksi “alami” yang dibutuhkan harus segera dimunculkan, meskipun banyak model yang sudah mendekati interaksi seperti itu seperti contohnya telepon selular, digital audio player, GPS, dan interactive whiteboard.
Mark Weiser mengenalkan tiga bentuk dasar dari mesin Ubiquitous yaitu : tab, pad, dan board.
Tab : dapat dipakaikan atau dipasang dengan ukuran sentimeter.
Pad : segenggam tangan dengan ukuran desimeter.
Board : mesin display/layar interaktif berukuran beberapa meter.

TUJUAN DARI PERVASIVE KOMPUTING
Tujuan dari pervasive computing adalah membawa komputasi dalam dunia nyata dan memungkinkan manusia berinteraksi dengannya dengan cara yang lebih alami seperti berbicara, bergerak, menunjuk dan menyentuh[10]. Dengan kata lain, pervasive komputing membuat komputasi menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.
Pervasive komputing dapat menimgkatkan penggunaan komputer dengan membuatnya tersedia (available) melalui lingkungan fisik namun membuatnya tidak terlihat oleh user. Selain itu, pervasive computing memungkinkan teknologi menjadi transparan. Transparansi dapat terjadi disebabkan karena lingkungan dari pervasive computing merupakan kumpulan dari benda-benda yang mudah dipakai, mudah diselipkan dan mudah di bawa ke mana-mana, juga terkoneksi secara wireless (tanpa kebel)

KARAKTERISTIK PERVASIVE KOMPUTING
Berikut ini beberapa karakteristik dari device (benda-benda) yang bersifat pervasive computing:
1)      Dapat mengantisipasi kebutuhan user dan bertindak untuk itu.
2)      Peka terhadap context dari user
3)      Device perlu tidak terlihat (invisible).
Invisibilitas menggambarkan bahwa user tidak sadar sedang berinteraksi dengan komputer. Invisibilitas dapat tercapai melalui miniaturisasi yang memungkinkan prosesor, chip, sensor, mikropon diselipkan ke benda-benda sehari-hari seperti pakaian, meja, kursi, pansil dan lain-lain. Dengan  demikian komunikasi device akan terlihat lebih alami.
4)      Device yang proaktif dan pintar.
Tidak seperti sistem komputasi konvensional dimana prilaku komputer merupakan respon dari interaksi user, dalam pervasive computing sistem komputer lebih proaktif dalam berinteraksi dengan user. Sebagai contoh jika ahmad mengendarai mobil untuk pergi ke pertemuan bisnis di kota lain. Kemacetan mungkin terjadi sewaktu-waktu. Pervasive device harus mampu mendeteksi kemacetan tersebut tanpa eksplisit harus disuruh untuk melakukan hal itu. Dalam mengidentifikasi rute alternatif untuk ahmad, device perlu tahu pemilihan (preference) dan  kebiasaan ahmad dalam mengemudi (yang dapat diambil dari profilenya) untuk membuat keputusan yang baik.
5)      Dapat mengerti dan menggunakan informasi secara efektif
Sebagai contoh, tidak cukup bagi sebuah alarm untuk mengetahui kapan user harus bangun, tapi juga harus membunyikan alarm untuk membangunkan user.

CONTOH PERVASIVE COMPUTING
Pervasive computing menjadi sangat penting sejalan dengan benda yang portable (mudah dibawa) menjadi sangat kecil, infrastruktur mudah dikembangkan dan dunia lebih terhubung jaringan. Ketika kita tidak lagi membawa sesuatu, pervasive komputing akan mencapai tujuannya. Berikut ini contoh dari pemanfaatan pervasive computing.
·         Ketika kita masuk rumah, tidak perlu lagi membawa kunci karena rumah akan tahu dengan sendirinya kita akan masuk dan akan membuka kunci.
·         Ketika kita tidak yakin bagaimana caranya untuk pergi ke suatu tempat, kita akan diberitahukan tidak hanya bagaimana caranya kesana tapi juga jalan tercepat menuju kesana.
·         Ketika pergi ke supermarket, kkta tidak perlu membawa daftar barang yang dibeli karena daftar tersebut dapat ditampilkan pada kartu belanja yang kita bawa.

PERVASIVE COMPUTING FRAMEWORK
Menurut phil stone dan Robin Yan, pervasive computing dapat diorganisasikan dalam framework yang terdiri dari menghasilkan (generating), pemrosesan(processing), moving(perpindahan), dan penggunaan (using) informasi.
Menghasilkan informasi melibatkan ukuran dan input manusia. Pemrosesan informasi melibatkan mengubah data mentah menjadi informasi yang berguna dalam database. Perpindahan informasi melibatkan menemukan membuat distribusi informasi yang efektif. Penggunaan informasi melibatkan menampilakan informasi kepada user dengan cara yang baik.

KENDALA PERKEMBANGAN PERVASIVE COMPUTING
Pervasive computing hadir bersamaan dengan munculnya laptop dan wireless LAN. Meskipun prinsip-prinsip dasar desain terdistribusi terus diterapkan, empat kendala utama mobilitas membuat berkembangnya teknik khusus. Kendala-kendala ini antara lain
a.      Kualitas jaringan yang berubah-ubah
b.      Penurunan kepercayaan dan kekuatan sistem terdistribusi
c.       Keterbatasan sumber daya lokal yang terkendala oleh berat dan ukuran.
d.      Perhatian untuk konsumsi daya baterai.



referensi dari:www.ilmukomputer.org/wp-content/.../09/pervasive-computing.doc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar