Nama: Simson Kristianto Pasaribu
NIM: 111301125
Dalam mata kuliah Psikologi Pendidikan (T.A 2011/2012), saya mendapatkan tugas mengenai survey online yang berkaitan dengan mata kuliah Psikologi Pendidikan, dan topik yang saya pilih untuk survey sederhana ini adalah " Pengaruh Karakter Dosen Terhadap Antusias Belajar Mahasiswa", dimana dalam survey ini terdapat 50 orang partisipan sebagai responden, yaitu mahasiswa fakultas Psikologi USU angkatan 2011 yang bersedia mengisi kuisioner yang telah dipersiapkan. Berikut data yang dapa saya lampirkan.
NAMA RESPONDEN
Oktavia Rizky
Rosayanti Putri |
Atika M Nataya nst |
Novika Susi Lestari |
Fiorella Silviani S |
oktorianta |
Fania |
Merry Christine Sitorus |
Regina Anastasia |
Berliana Mega Sari L |
Fonds Novel |
dwi kartika harahap |
Yunita |
kristin napitupulu |
sulistia putri |
Merinda Rika |
rizki hasanah |
M Yani Bagus Irianto |
ariansyah |
Habibah |
janpringatan purba |
ahmad khalid |
Mira Tantri Saragih |
Desi M Maloky |
Defi Chairunisa |
Safrida Liasna Tarigan |
citra wahyuni |
Grace Theresia Sihotang |
Dinda Rizvina Nasution |
ajeng diah andhini |
christine natalia |
Cynthia Marilyn Sitompul |
darmayantie syahputri |
lusia fitri ayu pardede |
Yohana Chrisela |
firman |
densi wahyuni |
Christyn Elisabeth Siagian |
agnes crista siagian |
irvine talenta |
Ratri Ps |
RIKA DAMAYANTI |
Gustina Handayani Harahap |
Ratri Ps |
Muhammad Habibie Almy |
Andhika Satria |
yap rima o sinaga |
lisdiana sani |
Frans Ariadi Ginting |
shella |
icfadila hanisa lubis |
DATA
anda lebih mudah mengerti pelajaran dengan dosen yang humoris
SS | 14 |
|
S | 28 |
|
N | 7 |
|
TS | 1 |
|
STS | 0 |
| 0.00% |
|
|
anda tertekan dengan pengajar yang tidak humoris
SS | 6 |
|
S | 8 |
|
N | 32 |
|
TS | 4 |
|
STS | 0 |
| 0.00% |
|
|
anda tidak jenuh dengan pengajar yang metode megajarnya ceramah setiap pertemuan
anda merasa karakter pengajar pengajar berpengaruh besar pada antusias anda dalam belajar
SS | 13 |
|
S | 35 |
|
N | 2 |
|
TS | 0 |
| 0.00% |
|
STS | 0 |
| 0.00% |
|
|
pengajar yang terlalu banyak memberikan joke membuat konsentrasi anda berkurang saat belajar
SS | 1 |
|
S | 15 |
|
N | 22 |
|
TS | 10 |
|
STS | 2 |
|
|
anda membaca bahan sebelum kuliah yang dosennya anda sukai
SS | 3 |
|
S | 20 |
|
N | 25 |
|
TS | 2 |
|
STS | 0 |
| 0.00% |
|
|
anda senang ketika pengajar tidak masuk kelas
SS | 3 |
|
S | 12 |
|
N | 27 |
|
TS | 7 |
|
STS | 1 |
|
|
ada pengajar yang anda tidak sukai dan ada pengajar yang sangat anda sukai
SS | 7 |
|
S | 32 |
|
N | 10 |
|
TS | 1 |
|
STS | 0 |
| 0.00% |
|
|
pengajar yang sangat disiplin tidak menguntungkan bagi anda
SS | 1 |
|
S | 3 |
|
N | 21 |
|
TS | 23 |
|
STS | 2 |
|
|
anda bersemangat dengan pengajar yang menggunakan metode tanya jawab dalam mengajar
SS | 1 |
|
S | 17 |
|
N | 27 |
|
TS | 5 |
|
STS | 0 |
| 0.00% |
|
|
Dari hasil survey diatas, kita dapat lihat ternyata mahasiswa setuju bahwa karakter dosen mempengaruhi antusias belajar mahasiswa. Dalam perkuliahan, mereka (responden) mengaku, ada pengajar yang disukai dan yang tidak disukai, dan sebesar 40% membaca bahan perkuliahan sebelum kuliah yang dosennya mereka sukai. Sebagian mahasiswa suka dengan pengajar yang humoris, dan sebagian besar
merasa bahwa karakter yang humoris dapat membuat mahasiswa lebih
mengerti akan bahan yang diajarkan. Mereka juga sebagian besar suka dengan pengajar yang disiplin. Mengenai metode pengajaran yang digunakan, mahasiswa lebih bersikap netral. Terkhusus dengan pengajar yang menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, ternyata tidak terlalu mempengaruhi mood dan antusias belajar mahasiswa.
Kesimpulannya, karakter dosen mempengaruhi antusias belajar mahasiswa. Meskipun pada dasarnya yang paling penting adalah kemauan belajar mahasiswa itu sendiri, tetapi dalam perkuliahan karakter pengajar juga berperan dalam daya tangkap dan mood mahasiswa pada saat mata kuliah berlangsung, baik itu dari cara mengajar ataupun metode pengajaran yang ditawarkan.
Dalam perkuliahan, ada baiknya pengajar untuk menciptakan suasana yang mendukung untuk meningkatkan antusias belajar mahasiswa dalam perkuliahan, menciptakan inovasi yang baru dan menarik, baik dalam cara mengajar ataupun metode pengajaran yang digunakan. ^_^
TESTIMONI
Saya menyukai sekali metode survey onnline ini, selain mudah, survey online ini sangat bermanfaat bagi orang orang yang berkutat dalam penelitian terkhusus bagi mahasiswa. Meskipun masih berupa survey sederhana, saya menikmati sekali pengerjaan tugas ini. awalnya saya bingung, sewaktu kelas mengenai survey online ini saya tidak hadir karena jam kuliahnya bentrok dengan mata kuliah lain. Terimakasih kepada teman teman yang mengajari dan membantu saya mulai dari pembuatan akun hingga mmengisi kuisioner. Terima kasih juga khususnya kepada dosen pengampu mata kuliah Psikologi Pendidikan yang memberikan materi survey online ini menjadi bekal dan pengalaman yang berharga bagi saya kedepannya.....
Simson...
BalasHapuside survey mu baik.
seiring dengan ilmu yang akan kamu dapatkan di psikologi ini, saya berharap kamu dapat meng-up date survei mu ini...
Misalnya (sekedar review sedikit), dalam satu aitem dianjurkan tidak menggunakan kalimat majemuk (tertera kata 'dan' / 'atau'), sebab kata tersebut dapat membingungkan responden jika kedua kalimat yang disatukan tidak menggambarkan apa yang akan dipilih.
Ok, selamat mengembangkan kemampuan meneliti dan menganalisis data..
take care
di
^_^ makasih ibu,, sebenarnya saya khawatir bu sama judul saya,, tapi temen temen juga ngedukung,, terimakasih buat masukannya bu,,
HapusI'll do my best.. ^_^
..kebenaran selalu tegak. Jangan pernah ragu untuk menegakkan kebenaran. Hal yang perlu dicermati adalah, menempatkan bahasa yang tepat :)
BalasHapustake care Simson..:)