Kamis, 31 Mei 2012

SURVEY ONLINE

Nama: Simson Kristianto Pasaribu
NIM: 111301125

Dalam mata kuliah Psikologi Pendidikan (T.A 2011/2012), saya mendapatkan tugas mengenai survey online yang berkaitan dengan mata kuliah Psikologi Pendidikan, dan topik yang saya pilih untuk survey sederhana ini adalah " Pengaruh Karakter Dosen Terhadap Antusias Belajar Mahasiswa", dimana dalam survey ini terdapat 50 orang partisipan sebagai responden, yaitu mahasiswa fakultas Psikologi USU angkatan 2011 yang bersedia mengisi kuisioner yang telah dipersiapkan. Berikut data yang dapa saya lampirkan.


NAMA RESPONDEN
Oktavia Rizky Rosayanti Putri
Atika M Nataya nst
Novika Susi Lestari
Fiorella Silviani S
oktorianta
Fania
Merry Christine Sitorus
Regina Anastasia
Berliana Mega Sari L
Fonds Novel
dwi kartika harahap
Yunita
kristin napitupulu
sulistia putri
Merinda Rika
rizki hasanah
M Yani Bagus Irianto
ariansyah
Habibah
janpringatan purba
ahmad khalid
Mira Tantri Saragih
Desi M Maloky
Defi Chairunisa
Safrida Liasna Tarigan
citra wahyuni
Grace Theresia Sihotang
Dinda Rizvina Nasution
ajeng diah andhini
christine natalia
Cynthia Marilyn Sitompul
darmayantie syahputri
lusia fitri ayu pardede
Yohana Chrisela
firman
densi wahyuni
Christyn Elisabeth Siagian
agnes crista siagian
irvine talenta
Ratri Ps
RIKA DAMAYANTI
Gustina Handayani Harahap
Ratri Ps
Muhammad Habibie Almy
Andhika Satria
yap rima o sinaga
lisdiana sani
Frans Ariadi Ginting
shella
icfadila hanisa  lubis

DATA

anda lebih mudah mengerti pelajaran dengan dosen yang humoris
 SS  14 

 28.00% 
 S  28 

 56.00% 
 N  7 

 14.00% 
 TS  1 

 2.00% 
 STS  0 
 0.00% 

anda tertekan dengan pengajar yang tidak humoris
 SS  6 

 12.00% 
 S  8 

 16.00% 
 N  32 

 64.00% 
 TS  4 

 8.00% 
 STS  0 
 0.00% 

anda tidak jenuh dengan pengajar yang metode megajarnya ceramah setiap pertemuan
 S  2 

 4.00% 
 S  5 

 10.00% 
 N  25 

 50.00% 
 TS  17 

 34.00% 
 STS  1 

 2.00% 
anda merasa karakter pengajar pengajar berpengaruh besar pada antusias anda dalam belajar
 SS  13 

 26.00% 
 S  35 

 70.00% 
 N  2 

 4.00% 
 TS  0 
 0.00% 
 STS  0 
 0.00% 

pengajar yang terlalu banyak memberikan joke membuat konsentrasi anda berkurang saat belajar
 SS  1 

 2.00% 
 S  15 

 30.00% 
 N  22 

 44.00% 
 TS  10 

 20.00% 
 STS  2 

 4.00% 

anda membaca bahan sebelum kuliah yang dosennya anda sukai
 SS  3 

 6.00% 
 S  20 

 40.00% 
 N  25 

 50.00% 
 TS  2 

 4.00% 
 STS  0 
 0.00% 

anda senang ketika pengajar tidak masuk kelas
 SS  3 

 6.00% 
 S  12 

 24.00% 
 N  27 

 54.00% 
 TS  7 

 14.00% 
 STS  1 

 2.00% 
ada pengajar yang anda tidak sukai dan ada pengajar yang sangat anda sukai
 SS  7 

 14.00% 
 S  32 

 64.00% 
 N  10 

 20.00% 
 TS  1 

 2.00% 
 STS  0 
 0.00% 

pengajar yang sangat disiplin tidak menguntungkan bagi anda
 SS  1 

 2.00% 
 S  3 

 6.00% 
 N  21 

 42.00% 
 TS  23 

 46.00% 
 STS  2 

 4.00% 

anda bersemangat dengan pengajar yang menggunakan metode tanya jawab dalam mengajar
 SS  1 

 2.00%
 S  17 

 34.00% 
 N  27 

 54.00% 
 TS  5 

 10.00% 
 STS  0 
 0.00% 


Dari hasil survey diatas, kita dapat lihat ternyata mahasiswa setuju bahwa karakter dosen mempengaruhi antusias belajar mahasiswa. Dalam perkuliahan, mereka (responden) mengaku, ada pengajar yang disukai dan yang tidak disukai, dan sebesar 40% membaca bahan perkuliahan sebelum kuliah yang dosennya mereka sukai. Sebagian mahasiswa suka dengan pengajar yang humoris, dan sebagian besar merasa bahwa karakter yang humoris dapat membuat mahasiswa lebih mengerti akan bahan yang diajarkan. Mereka juga sebagian besar suka dengan pengajar yang disiplin. Mengenai metode pengajaran yang digunakan, mahasiswa lebih bersikap netral. Terkhusus dengan pengajar yang menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, ternyata tidak terlalu mempengaruhi mood dan antusias belajar mahasiswa.

Kesimpulannya, karakter dosen mempengaruhi antusias belajar mahasiswa. Meskipun pada dasarnya yang paling penting adalah kemauan belajar mahasiswa itu sendiri, tetapi dalam perkuliahan karakter pengajar juga berperan dalam daya tangkap dan mood mahasiswa pada saat mata kuliah berlangsung, baik itu dari cara mengajar ataupun metode pengajaran yang ditawarkan. 

Dalam perkuliahan, ada baiknya pengajar untuk menciptakan suasana yang mendukung untuk meningkatkan antusias belajar mahasiswa dalam perkuliahan, menciptakan inovasi yang baru dan menarik, baik dalam cara mengajar ataupun metode pengajaran yang digunakan. ^_^

TESTIMONI

Saya menyukai sekali metode survey onnline ini, selain mudah, survey online ini sangat bermanfaat bagi orang orang yang berkutat dalam penelitian terkhusus bagi mahasiswa. Meskipun masih berupa survey sederhana, saya menikmati sekali pengerjaan tugas ini. awalnya saya bingung, sewaktu kelas mengenai survey online ini saya tidak hadir karena jam kuliahnya bentrok dengan mata kuliah lain. Terimakasih kepada teman teman yang mengajari dan membantu saya mulai dari pembuatan akun hingga mmengisi kuisioner. Terima kasih juga khususnya kepada dosen pengampu mata kuliah Psikologi Pendidikan yang memberikan materi survey online ini menjadi bekal dan pengalaman yang berharga bagi saya kedepannya.....

3 komentar:

  1. Simson...
    ide survey mu baik.
    seiring dengan ilmu yang akan kamu dapatkan di psikologi ini, saya berharap kamu dapat meng-up date survei mu ini...
    Misalnya (sekedar review sedikit), dalam satu aitem dianjurkan tidak menggunakan kalimat majemuk (tertera kata 'dan' / 'atau'), sebab kata tersebut dapat membingungkan responden jika kedua kalimat yang disatukan tidak menggambarkan apa yang akan dipilih.
    Ok, selamat mengembangkan kemampuan meneliti dan menganalisis data..

    take care
    di

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^_^ makasih ibu,, sebenarnya saya khawatir bu sama judul saya,, tapi temen temen juga ngedukung,, terimakasih buat masukannya bu,,


      I'll do my best.. ^_^

      Hapus
  2. ..kebenaran selalu tegak. Jangan pernah ragu untuk menegakkan kebenaran. Hal yang perlu dicermati adalah, menempatkan bahasa yang tepat :)

    take care Simson..:)

    BalasHapus