Kamis, 05 April 2012
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Di postingan ini kami yang terdiri dari :M . IRFAN ( 10-068 ) | SIMSON PASARIBU ( 11-125 ) | M.RIZKI NUGROHO ( 11-062 )
Akan membahas pentingnya pendidikan anak usia dini dilihat dari aspek sosial , emosioanal , kognitif dan fisik nya si anak.
pertama kami akan ngasih tau ...
Apa sih pendidikan anak usia dini itu sebenernya ?
Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.
Lalu ...
Apa sih ruang lingkup pendidikan anak usia dini itu ?
Seperti yang ada di atas , pendidikan anak usia dini ini ditujukan bagi anak 6 tahun pertama.
mencakupi :
* Infant (0-1 tahun)
* Toddler (2-3 tahun)
* Preschool/ Kindergarten children (3-6 tahun)
back to the main topic
pendidikan anak usia dini ini sangat berperan dalam perkembangan sosial,emosional,kognitif dan fisik si anak.
- SOSIAL
Pendidikan anak usia dini sangat lah berperan dalam perkembangan kecerdasan sosial anak, disini anak akan mulai bermain bersama dan saling berbagi dengan anak-anak lain nya. Anak juga akan mulai belajar rasa toleransi dalam berhubungan satu dengan yang lain nya. Disini anak juga akan belajar bagaimana cara berbagi dengan yang lain.
Tentunya hal-hal tersebut sangat lah penting bagi si anak untuk kedepan nya, dimana secara tidak langsung si anak akan mempelajari bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan kerjasama.
- EMOSIONAL
Melanjutkan yang di atas nih, Emosi si anak yang belum stabil ini pun akan mengalami peningkatan-peningkatan , seperti si anak yang biasa nya bersifat egois dan mau menang sendiri, perlahan akan melunak seiring dengan perkembangan sosial si anak. Si anak ini akan belajar untuk tidak egois, dan menang sendiri. Disini anak juga mulai memiliki rasa empati terhadap sesama nya.
Emosi anak juga akan berkembang secara sehat jika anak mendapat bimbingan yang tepat dan penuh kasih sayang.
- KOGNITIF
Jelas sekali bahwa kognitif anak akan berkembang sangat baik disini. Seperti yang kita tahu, masa ini adalah masa Golden age bagi si anak, dimana intelegensi anak berkembang besar disini, jika tidak di asah dengan baik, akan sangat disayangkan bagi si anak. selain itu, ini sangat lah penting untuk mempersiapkan si anak untuk tingkat selanjutnya, yaitu sekolah dasar. Disini anak akan belajar mengenai dasar-dasar agar tidak terkejut saat memasuki jenjang sekolah dasar, seperti belajar mengenai alphabet dan angka, dan lain nya.
- FISIK
Disini anak juga akan belajar untuk mengkoordinasi motorik halus dan kasar.
Perkembangan Motorik halus seperti meletakkan atau memegang suatu objek dengan menggunakan jari tangan. Pada usia 4 tahun koordinasi gerakan motorik halus anak sangat berkembang bahkan hampir sempurna. Walaupun demikian anak usia ini masih mengalami kesulitan dalam menyusun balok-balok menjadi suatu bangunan. Hal ini disebabkan oleh keinginan anak untuk meletakkan balok secara sempurna sehingga kadang-kadang meruntuhkan bangunan itu sendiri. Pada usia 5 atau 6 tahun koordinasi gerakan motorik halus berkembang pesat.
Sedangkan Motorik kasar seperti koordinasi gerakan tubuh, seperti berlari, berjinjit, melompat, bergantung, melempar dan menangkap,serta menjaga keseimbangan.mungkin itu saja yang bisa dibagi kali ini.
saran dan kritik sangat di terima :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar